Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Metode Bercerita di Kelas II SD Ayu Insan Kusumo Edy Kabil Nongsa Batam
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak
melalui Metode bercerita. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan Guru kelas.
Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Ayu
Insan Kusumo Edy Kabil Nongsa Batam, terdiri dari 12 siswa terdapat 7
siswa laki-laki dan 5 siswi perempuan. Metode pengumpulan data
menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan test tertulis. Teknik
analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan metode bercerita dapat meningkatkan
keterampilan menyimak siswa kelas II SD Ayu Insan Kusumo Edy Kabil
Nongsa Batam. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah
siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan
peningkatan secara Klasikal. Nilai persentase ketuntasan klasikal yaitu:
Siklus I pertemuan I 70,60% dan siklus I pertemuan II 73,91%
selanjutnya meningkat menjadi 75,33% untuk siklus II pertemuan I
dan 84,88% pada siklus II pertemuan II. Dengan demikian melalui
metode bercerita dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa
kelas II di SD Ayu Insan Kusumo Edy Kabil Nongsa Batam
Kata Kunci : Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak
S001445 | 08 20-02 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain