Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Pembelajaran Circuit Learning Di Sekolah Dasar
ABSTRAK
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan siswa
dalam menulis karangan narasi. Salah satu solusi untuk mengatasi
masalah ini adalah dengan melalui model pembelajaran circuit
learning. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan
menulis karangan narasi dengan melalui model pembelajaran circuit
learning pada siswa kelas V SD Negeri 002 Kabun. Penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam
dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap,
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 002 Kabun yang
berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes
dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan
menulis karangan narasi siswa pratindakan sebesar 63,5, pada siklus
I meningkat menjadi 74,44 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa
menjadi 83,4. Peningkatan persentase siswa yang mencapai KKM
dalam menulis karangan narasi pada kondisi pratindakan sebesar
33%, siklus I 56%, dan pada siklus II meningkat menjadi 78%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model
pembelajaran circuit learning dapat meningkat keterampilan menulis
karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 002 Kabun.
Kata kunci: Keterampilan Menulis Karangan Narasi, dan Model Circuit
Learning
S001444 | 08 20-01 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain