Penelitian Mahasiswa
Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang KIA Puskesmas Sedingin Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2020
Abstrak
Suatu pelayanan kesehatan dikatakan bermutu apabila mampu memberikan
kepuasan kepada pasien. Kepuasan pasien menjadi tanggungjawab pihak
pelayanan kesehatan. Fasilitas dan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan
harapan pasien, tidak menutup kemungkinan pasien tersebut akan selalu datang
dan berobat pada layanan kesehatan tersebut. Ketidak puasan pasien terhadap
pelayanan kesehatan salah satunya dipengaruhi oleh faktor komunikasi terapeutik
dalam memberikan asuhan kebidanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien di
Ruang KIA Puskesmas Sedinginan. Desain penelitian yang di gunakan cross
sectional yang bersifat analitik Populasinya semua pasien di Ruang KIA
Puskesmas Sedinginan sejumlah 120 pasien. Tehnik sampling menggunakan
Accidental Sampling dengan sampel sebagian responden berjumlah 96 responden.
Variabel independen komunikasi terapeutik dan variabel dependennya kepuasan
pasien. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan analisa data
menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian komunikasi terapeutik didapatkan
hasil dari 31 pasien yang menyatakan komunikasi terapeutik petugas KIA kurang
baik terdapat 10 pasien (10,4%) yang mengatakan puas sedangkan dari 65 pasien
yang menyatakan komunikasi terapeutik petugas KIA baik terdapat 15 pasien
(10,4) yang kurang puas. Berdasarkan uji statistic dengan uji chi-square diperoleh
p value =0,000 ≤ (0.05) dengan tingkat kepercayaan 95% maka Ho ditolak yang
artinya signifikan. Berarti ada hubungan antara komunikasi terapeutik dengan
tingkat kepuasan pasien di Ruang KIA Puskesmas Sedinginan Tahun 2020.
S001166 | 05 20-27 | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain