Penelitian Mahasiswa
Hubungan penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak di TK Negeri pembina 02 kampar
ABSTRAK
Siti Hajar. (2025): Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di TK Negeri Pembina 02 Kampar (Penelitian Kuantitatif Pada Materi Perkembangan Sosial Emosional Anak)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya intensitas penggunaan gadget di kalangan anak usia dini yang dikhawatirkan berdampak negatif terhadap perkembangan sosial emosional anak. Anak-anak yang terlalu sering menggunakan gadget cenderung mengalami hambatan dalam berinteraksi sosial serta kesulitan mengelola emosi secara wajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5–6 tahun di TK Negeri Pembina 02 Kampar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun di Kelas B1 TK Negeri Pembina 02 Kampar yang berjumlah 25 orang, menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket skala Likert, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji non-parametrik korelasi Rank Spearman dan koefisien determinasi (R²) dengan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat hubungan negatif yang signifikan antara penggunaan gadget dan perkembangan sosial emosional anak (
| S004457 | 09 25-01 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain