Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Upaya meningkatakan kemampuan berhitung siswa kelas 1 sekolah dasar mellaui media manipulatif dengan pendekatan berdiferensi

Maria Ulfa - Nama Orang; Sumianto - Nama Orang; Dwi Viora - Nama Orang;

ABSTRAK

Maria Ulfa. (2025): Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Media Manipulatif Dengan Pendekatan Berdiferensiasi

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 UPT SD Negeri 007 Bangkinang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas 1 yang berjumlah 24 siswa, 14 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana penerapannya dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui adanya peningkatan dalam kemampuan berhitung siswa materi penjumlahan dan pengurangan. Sebelum tindakan, ketuntasan hasil kemampuan berhitung siswa hanya 50% dengan kategori sangat kurang. Dalam melaksanakan siklus 1 pertemuan 1, ketuntasan hasil kemampuan berhitung siswa mencapai 58% dengan kategori kurang. Pada siklus 1 pertemuan 2 hasil tes kemampuan berhitung siswa mencapai 66% dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan 1, hasil tes kemampuan berhitung siswa mencapai 75% dengan kategori baik. Pada siklus 2 pertemuan 2, hasil tes kemampuan berhitung siswa mencapai 91% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan media manipulatif dengan pendekatan berdiferensiasi.

Kata Kunci: Kemampuan Berhitung, Media Manipulatif, Pendekatan berdiferensiasi


Ketersediaan
S00445608 25-07Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 25-07
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan., 2025
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 25-07
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2025
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
kemampuan berhitung
media manipulatif
pendekatan berdiferensi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik