Penelitian Mahasiswa
Upaya meningkatakan kemampuan berhitung siswa kelas 1 sekolah dasar mellaui media manipulatif dengan pendekatan berdiferensi
ABSTRAK
Maria Ulfa. (2025): Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Media Manipulatif Dengan Pendekatan Berdiferensiasi
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 UPT SD Negeri 007 Bangkinang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas 1 yang berjumlah 24 siswa, 14 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana penerapannya dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui adanya peningkatan dalam kemampuan berhitung siswa materi penjumlahan dan pengurangan. Sebelum tindakan, ketuntasan hasil kemampuan berhitung siswa hanya 50% dengan kategori sangat kurang. Dalam melaksanakan siklus 1 pertemuan 1, ketuntasan hasil kemampuan berhitung siswa mencapai 58% dengan kategori kurang. Pada siklus 1 pertemuan 2 hasil tes kemampuan berhitung siswa mencapai 66% dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan 1, hasil tes kemampuan berhitung siswa mencapai 75% dengan kategori baik. Pada siklus 2 pertemuan 2, hasil tes kemampuan berhitung siswa mencapai 91% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan media manipulatif dengan pendekatan berdiferensiasi.
Kata Kunci: Kemampuan Berhitung, Media Manipulatif, Pendekatan berdiferensiasi
| S004456 | 08 25-07 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain