Penelitian Mahasiswa
Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan keterampilan sosial
Habib Muzakki Al Mubarok, (2024) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numered Headss Together (NHT) dalam Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalah yaitu rendahnya keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran IPAS. Rendahnya keterampilan sosial siswa disebabkan oleh faktor kecenderungan guru menggunakan metode ceramah pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan sosial siswa di kelas V UPT SDN 001 Langgini menggunakan model pembelajaran Numered Headss Together (NHT). Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu pelaksanaan penelitian bulan Juli 2024. Subjek penelitian siswa kelas V UPT SDN 001 Langgini terdiri dari 16 siswa terdapat 10 laki-laki dan 6 perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan dokemntasi. Hasil penelitian pada siklus I keterampilan sosial siswa rata-rata cukup rendah 43,75%, pada siklus II keterampilan sosial siswa mencapai tingkat tinggi sebesar 81,25%. Berdasarkan hasil data yang diperoleh disimpulkan bahwa model pembelajaran Numered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V UPT SDN 001 Langgini.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Numered Headss Together (NHT), Keterampilan Sosial Siswa, Mata Pelajaran IPAS
| S004441 | 08 24-109 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain