Penelitian Mahasiswa
Pengaruh model pembelajaran project based learning (PJBL) berbasis kearifan lokal terhadap berfikir kritis matematis di sekolah dasar (Penelitian Quasi Eksperimen pada pelajaran matematika)
ABSTRAK
Nurmaniati, (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap kemampuan Berfikir Kritis Matematis di Sekolah Dasar.
Penelitian ini di latar belakangi rendahnya hasil kemampuan berfikir kritis ada pembelajaran matematika di kelas V UPT SD Negeri 011 Sei Jalau dan UPT SD Negeri 005 Naga Beralih, hal tersebut dapat dilihat dari soal yang dikerjakan siswa yaitu dibawa KTTP 70. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada pembelajaran Matematika. Metode penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen yang dilakukan di dua sekolah, dengan melalui beberapa tahap observasi awal, perencanaan pelaksanaan, pelaksanaan pretest dan pelaksanaan posttest, subyek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 011 sei jalau dan UPT SD Negeri 055 Naga Beralih, Dengan jumlah siswa 15, hal ini dibuktikan pada hasil deskriftif menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kritis pada kelas eksperimen memiliki rata- rata sebesar 54,67 pada Pretest, hasil deskriptif pada kelas eksperimen memiliki rata –rata 73,80 pada posttest, sedangkan hasil desktiptif menunjjukan bahwa kemampuan berfikir kritis pada kelas kontrol memiliki rata – rata sebesar 53,60 pada Pretest, hasil deskriptif pada kelas kontrol memiliki 59,87 pada Posttest. Varians data kontrol dan eksperimen adalah sama atau homogeny. Hal ini di lihat nilai sig based on mean 0.072 >0,05, sehingga data dapat digunakan untuk pengujian yang selanjutnya. Pada pengujian T-Test perbedaan dua rata – rata skor Pretest dan Postest dengan diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000
| S004416 | 08 24-108 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain