Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran think pair share (TPS) pada pendidikan pancasila di sekolah dasar(penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas V arafah UPT SDN 002 Kuok)

Mufarizuddin - Nama Orang; M.Syahrul Rizal - Nama Orang; Alfi Syahri - Nama Orang;

ABSTRAK

Alfi Syahri (2024) : Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar.

Latar belakang dari penelitian ini yakni rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V Arafah UPT SDN 002 Kuok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Think Pair Share (TPS) di kelas V Arafah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Arafah UPT SDN 002 Kuok yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Dapat dilihat dari perolehan tes kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I pertemuan I yaitu 45,84% dan pada siklus I pertemuan II mencapai 62,5%. Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siklus II pertemuan I mencapai 70,83% dan pada siklus II pertemuan II mencapai 83,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V Arafah UPT SDN 002 Kuok.

Kata Kunci: Berpikir Kritis, Think Pair Share (TPS), Pendidikan Pancasila.


Ketersediaan
S00441708 24-107Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 24-107
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan., 2024
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 24-107
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2024
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
Berpikir Kritis
pendidikan pancasila
Think Pair Share(TPS)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik