Penelitian Mahasiswa
Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran think pair share (TPS) pada pendidikan pancasila di sekolah dasar(penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas V arafah UPT SDN 002 Kuok)
ABSTRAK
Alfi Syahri (2024) : Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar.
Latar belakang dari penelitian ini yakni rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V Arafah UPT SDN 002 Kuok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Think Pair Share (TPS) di kelas V Arafah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Arafah UPT SDN 002 Kuok yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Dapat dilihat dari perolehan tes kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I pertemuan I yaitu 45,84% dan pada siklus I pertemuan II mencapai 62,5%. Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siklus II pertemuan I mencapai 70,83% dan pada siklus II pertemuan II mencapai 83,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V Arafah UPT SDN 002 Kuok.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Think Pair Share (TPS), Pendidikan Pancasila.
| S004417 | 08 24-107 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain