Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model pembelajaran jurisprudential inquiry pada pembejaran pendidikan pancasila (Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV di SD Negeri 001 Binamang)

Yandri Yulaska Putra - Nama Orang; Rizki Ananda - Nama Orang; Mufarizuddin - Nama Orang;

ABSTRAK
Yandri Yulaska Putra (2024): Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Yurisprudential inquiry pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila.

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada Pendidikan Pancasila kelas IV SD Negeri 001 Binamang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang siswa, siswa laki-laki10 orang dan perempuan 6 orang. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu gabungan dari data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada pertemuan 1 siklus I siswa yang tuntas terdapat 7 orang siswa dengan persentase 43,75% dengan rata-rata keseluruhan 62,68 dan pada pertemuan 2 naik menjadi 9 orang siswa dengan persentase 56,25% dengan rata-rata keseluruhan 72. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 siswa yang tuntas terdapat 12 orang siswa dengan persentase 75% dengan rata-rata keseluruhan 78,5 serta terjadi peningkatan pada pertemuan 2 menjadi 14 orang siswa dengan persentase 87,75% dengan rata-rata keseluruhan 82,75. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model pembelajaran yurisprudential inquiry pada pelajaran Pendidikan Pancasila

Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Inquiri, Pendidikan Pancasila.
 


Ketersediaan
S00442108 24-106Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 24-106
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan., 2024
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 24-106
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2024
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
Kemampuan berpikir kritis
pendidikan pancasila
Inquiri
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik