Penelitian Mahasiswa
Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe make a match sekolah dasar (penelitian tindakan kelas mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) kelas V sekolah dasar negeri 007 rimbo panjang)
ABSTRAK
Syahrani Fitri Sibarani (2024)
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match Sekolah Dasar
Penelitian didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa kelas V tahun ajaran 2024-2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 007 Rimbo Panjang dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match. Penelitian ini dilakukan di SDN 007 Rimbo Panjang yang berjumlah 27 siswa, 15 orang diantaranya adalah siswa perempuan dan 12 orang diantaranya adalah siswa laki-laki. Metode analisis yang digunakan disebut Analisis Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu dengan setiap tahap terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data, Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi siswa dan guru sebagai alat ukur kinerja dan prestasi selama menggunakan pendekatan pembelajaran Make A Match. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Data awal pratindakan hasil belajar 48%. Siklus I pertemuan II nilai hasil belajar 63%. Pada siklus II pertemuan I nilai hasil belajar 70%. Siklus II pertemuan II nilai hasil belajar 89%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar.
Kata Kunci : Model pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar,
| S004422 | 08 24-105 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain