Penelitian Mahasiswa
Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model contextual -teaching and learning berbantuan media aplikasi canva
ABSTRAK
Dora Shinta Harianti. (2025): Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media
Aplikasi Canva
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV UPT SDN 019 Muara Uwai pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan model Contextual Teaching And Learning berbantuan media aplikasi Canva. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Instrumen penelitian meliputi modul ajar, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari pra-tindakan sebesar 46,6%, siklus I sebesar 63,33%, dan siklus II mencapai 83,3%. Peningkatan ini terlihat dari keaktifan siswa dalam diskusi, presentasi, serta antusiasme dalam menggunakan media visual dari Canva. Implementasi model Contextual Teaching And Learning berbantuan Canva membuat pembelajaran lebih menarik, kontekstual, dan relevan dengan kehidupan siswa, sehingga berdampak positif pada motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model Contextual Teaching And Learning dan media digital interaktif seperti Canva sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Contextual Teaching And Learning, Media Pembelajaran, Canva, Pendidikan Pancasila, Siswa Sekolah Dasar
| S004414 | 08 25-05 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain