Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model contextual -teaching and learning berbantuan media aplikasi canva

Dora Sinta Harianti - Nama Orang; Mufarizuddin - Nama Orang; Sumianto - Nama Orang;

ABSTRAK

Dora Shinta Harianti. (2025): Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media
Aplikasi Canva

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV UPT SDN 019 Muara Uwai pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan model Contextual Teaching And Learning berbantuan media aplikasi Canva. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Instrumen penelitian meliputi modul ajar, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari pra-tindakan sebesar 46,6%, siklus I sebesar 63,33%, dan siklus II mencapai 83,3%. Peningkatan ini terlihat dari keaktifan siswa dalam diskusi, presentasi, serta antusiasme dalam menggunakan media visual dari Canva. Implementasi model Contextual Teaching And Learning berbantuan Canva membuat pembelajaran lebih menarik, kontekstual, dan relevan dengan kehidupan siswa, sehingga berdampak positif pada motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model Contextual Teaching And Learning dan media digital interaktif seperti Canva sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Contextual Teaching And Learning, Media Pembelajaran, Canva, Pendidikan Pancasila, Siswa Sekolah Dasar


Ketersediaan
S00441408 25-05Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 25-05
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan., 2025
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 25-05
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2025
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
Siswa Sekolah Dasar
motivasi belajar
media pembelajaran
contextual teaching and learning
pendidikan pancasila
canva
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik