Penelitian Mahasiswa
Pengaruh model pembelajaran Value Clarivication Technique Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa sekolah dasar pada pelajaran pendidikan pancasila
ABSTRAK
Suci Mar Atul Auliati. (2025): Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pelajaran Pendidikan Pancasila (Penelitian Quasi Experiment Siswa Kelas V UPT SDM 002 Penyasawan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media Question Card terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SDM 002 Penyasawan dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa kelas V yang terbagi dalam dua kelas. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design dan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam mengukur kemampuan berpikir kritis siswa adalah soal tes uraian dan lembar observasi. Analisis data kuantitatif diolah menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model VCT berbantuan question card lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 84,67 dan kelas kontrol sebesar 76,22. Artinya, model pembelajaran VCT berbantuan question card lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, model ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila guna mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar.
Kata kunci: Model Pembelajaran VCT, Question Card, Kemampuan Berpikir Kritis, Pendidikan Pancasila.
| S004412 | 08 25-04 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain