Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Pengaruh model pembelajaran Value Clarivication Technique Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa sekolah dasar pada pelajaran pendidikan pancasila

Suci Mar Atul Auliati - Nama Orang; Muhammad Syahrul Rizal - Nama Orang; Nurmalina - Nama Orang;

ABSTRAK

Suci Mar Atul Auliati. (2025): Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pelajaran Pendidikan Pancasila (Penelitian Quasi Experiment Siswa Kelas V UPT SDM 002 Penyasawan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media Question Card terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SDM 002 Penyasawan dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa kelas V yang terbagi dalam dua kelas. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design dan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam mengukur kemampuan berpikir kritis siswa adalah soal tes uraian dan lembar observasi. Analisis data kuantitatif diolah menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model VCT berbantuan question card lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 84,67 dan kelas kontrol sebesar 76,22. Artinya, model pembelajaran VCT berbantuan question card lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, model ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila guna mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar.

Kata kunci: Model Pembelajaran VCT, Question Card, Kemampuan Berpikir Kritis, Pendidikan Pancasila.


Ketersediaan
S00441208 25-04Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 25-04
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan., 2025
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 25-04
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2025
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
Kemampuan berpikir kritis
question card
pendidikan pancasila
Model Pembelajaran VCT
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik