Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Metode Pembelajaran Pictorial Riddle Pada Kelas IV Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Langgini)
ABSTRAK
Rahmah Wahyuni, (2025): Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Metode Pictorial Riddle pada Kelas IV siswa Sekolah Dasar
Penelitian ini dilator belakangi rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV UPT SD Negeri 001 Langgini. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV dengan menggunkan metode Pictorial Riddle. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua Siklus dan setiaap siklus terdiri dari dari teknik pengumpulan data ini berupa dokumentasi, observasi, tes. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dengan penerapan metode Pictorial Riddle dapat meningkatkan keterampilan menuliskan karangan narasi dari data Pra tindakan yang memperoleh presentase ketuntasan 30% dengan rata-rata 61,4, meningkatkan pada siklus I pertmuan I dengan presentase ketuntasan siswa 40% dengan nilai rata-rata 68,6 dan pada siklus I Pertemuan II dengan presentaseketuntasan siswa 50% dengan nilai rat-rata 73,8. sedangkan siklus II pertemuan I mengalami peningkatan dengan presentase ketuntasan siswa 70% dengan nili rata-rata 75,9 dan pada siklus II pertemuan II mengalami peningkatan sangat baik dengan presentase ketuntasan siswa 90% dengan nilai rata-rata 88.
Kata Kunci: Metode Pictorial Riddle, Keterampilan Menulis Karangan Narasi, Siswa Sekolah Dasar
| S004410 | 08 25-02 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain