Penelitian Mahasiswa
Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan (Penelitian Tindakan Kelas pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SDN 001 Langgini )
ABSTRAK
Azzahra Nabila Putri. Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS)
2025 : Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas I SDN 001 Langgini
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa di kelas I SDN 001 Langgini. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakna metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dengan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada siswa kelas I SDN 001 Langgini. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 001 Langgini yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data berupa Tes, Observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa pada siklus I siswa yang tuntas 4 siswa atau 23% dan pada siklus II siswa yang tuntas secara keseluruhan adalah 15 orang siswa atau 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunaka metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelas I SDN 001 Langgini.
Kata Kunci: Membaca Permulaan, Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS)
| S004409 | 08 25-01 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain