Penelitian Mahasiswa
pengembangan sosial media dan (seo) dalam meningkatkan keterlibatan pelangganan usaha ikanku
ABSTRAK
Pengembangan Sosial Media Dan (SEO) Dalam Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan Usaha IkanKu
Putri Dalianti
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
[email protected]
Dosen Pembimbing:
Ir. Fahmi Iqbal Firmananda., S.Kom., MM
Aryadi, S.Sos, MM
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi media sosial dan search engine optimization (SEO) guna meningkatkan keterlibatan pelanggan pada usaha Ikanku di Kabupaten Kampar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Lean Startup, yang melibatkan observasi, kuesioner, dan wawancara terhadap calon pelanggan dan pelaku usaha kuliner lokal. Hasil menunjukkan bahwa konten media sosial yang terjadwal secara konsisten dan penggunaan fitur interaktif seperti polling, comment, story, hashtag dan Katalog mampu meningkatkan jangkauan serta interaksi pengguna. Di sisi lain, penerapan SEO on-page seperti optimasi judul halaman, meta deskripsi, tag alt gambar, dan penggunaan kata kunci meningkatkan visibilitas pencarian dan klik menuju WhatsApp Bussiness. Dari hasil data, akun Instagram Ikanku dalam 30 hari berhasil menjangkau 15.198 akun, memperoleh 65 likes, 27 saves, dan 26 comment. Strategi terpadu media sosial dan (SEO) terbukti efektif dalam membangun kedekatan pelanggan, memperluas jangkauan digital, dan meningkatkan potensi pertumbuhan usaha secara berkelanjutan.
Kata Kunci: Digital Marketing, Keterlibatan Pelanggan, Media Sosial, SEO, Usaha Perikanan
| S004358 | 18 25-02 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain