Penelitian Mahasiswa
Hubungan penggunaan gadget dengan interaksi sosial pada anak sekolah dasar sdn 004 salo tahun 2025
ABSTRAK
NIKEN AULIA. (2025): Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Interaksi Sosial Pada Anak Sekolah Dasar di SDN 004 Salo Tahun 2025
Interaksi sosial dapat memberikan dampak pada perkembangan anak usia sekolah, baik secara positif maupun negatif. Melalui interaksi dengan teman sebaya dan orang dewasa, anak-anak belajar keterampilan sosial, seperti berbagi, berkomunikasi, dan bekerja sama, yang sangat penting untuk perkembangan emosional dan kognitif mereka. menganalisis hubungan penggunaan gadget dengan interaksi sosial pada anak sekolah dasar di SDN 004 Salo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel terdiri dari 93 siswa di SDN 004 Salo, yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling dan simple random sampling. Alat ukur yang di gunakan adalah kuesioner. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan uji chi square . Hasil univariat didapatkan sebanyak 51 siswa (54,8%) tinggi menggunakan gadget, sebanyak 57 mahasiswa (61,3%) mengalami interaksi sosial kurang baik. Hasil bivariat didapatkan ada hubungan signifikan antara penggunaan gadget dengan interaksi sosial pada anak sekolah dasar di SDN 004 Salo. Dengan p-value 0,004.
Kata Kunci : Penggunaan Gadget, Interaksi sosial
| S004321 | 02 25-33 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain