Penelitian Mahasiswa
Hubungan pengetahuan ibu tentang stimulasi dengan perkembangan motorik anak prasekolah tk aisiyah simpang kubu
PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI
Skripsi, 29 April 2025
AZIRA NATASHA EDRIANI:
HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK PRASEKOLAH TK AISIYAH SIMPANG KUBU
xi + 65 Halaman + 6 Tabel + 4 Skema + 16 Lampiran
ABSTRAK
Data Kemenkes tahun 2022 menyatakan bahwa persentase balita dipantau pertumbuhan dan perkembangan motorik di Indonesia pada tahun 2021 adalah sebesar 69,6%. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pengetahuan ibu tentang stimulasi dengan perkembangan motorik anak prasekolah di TK Aisiyah Simpang Kubu. Desain penelitian ini menggunakan Cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 53 wali murid di TK Aisiyah Simpang Kubu dan sampel peneltian ini adalah 53 wali murid yang mempunyai anak yang bersekolah di TK Aisiyah Simpang Kubu. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisa univariat dan analisa bivariat. Penelitian dilakukan pada tanggal 17-20 Februari tahun 2025. Dari hasil penelitian pada analisa univariat diperoleh 30 responden (56.6%) berada pada kategori tingkat pengetahuan ibu kurang, 30 (56.6%) berada pada kategori perkembangan motorik tidak sesuai tahap usia. Berdasarkan uji chi square diperoleh p value = 0,000 ≤ 0,05, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu tentang stimulasi dengan perkembangan motorik anak prasekolah. Diharapkan bagi orang tua untuk dapat meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya pengetahuan ibu untuk meningkatkan stimulasi anak terutama untuk perkembangan motorik anak.
Kata kunci : Pengetahuan Ibu, Perkembangan Motorik Anak, Stimulasi
| S004312 | 02 25-24 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain