Penelitian Mahasiswa
Upaya Mengkatkan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think,Talk,Write Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Dengan Tema Peristiwa Pada Semester Genap Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Pekanbaru)
Abstrak
Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya minat siswa dalam menulis puisi pada
pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 3 SDN 2 Kota Pekanbaru. Salah satu solusi untuk
mengatasi masalah ini dengan menggunakan model kooperatif tipe Think,Talk,Write (TTW).
xDengan demikian tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi
menggunakan model kooperatif tipe think,talk,write (TTW) pada pembelajaran Bahasa
Indonesia kelas III SD.Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakkan kelas (PTK)
yang di laksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua pertemuan.Penelitian
ini dilakukan pada SDN 2 Kota Pekanbaru jalan dengan subjek penelitian siswa kelas III
SD.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan
dokumentasi.Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia dari sebelum tindakan dengan rata-rata persentase 51,45% dengan kategori
kurang,dengan menggunakan metode model kooperatif tipe think,talk,write (TTW) maka
terjadi peningkatan siklus I dengan persentase 83,92%, sedangkan rata-rata siklus 2
kemampuan meningkatkan keterampilan puisi menggunakan model kooperatif tipe
think,talk,write (TTW) terjadi peningkatan dengan rata-rata 100%. Jadi, pembelajaran Bahasa
Indonesia dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi menggunakan model kooperatif
tipe think,talk,write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas III SDN 2
Kota pekanbaru .
Kata kunci : model kooperatif tipe think,talk,write (TTW)
S001496 | 08 50-53 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain